Peluang Usaha Makanan Daerah

Bookmark and Share
Peluang Usaha Makanan Daerah
Bila Anda sedang merencanakan bisnis, carilah peluang usaha makanan daerah. Seperti kita tahu, setiap daerah tentu memiliki makanan khas dan menjadi oleh-oleh pilihan para wisatawan.

Namun pamor makanan khas daerah cenderung kalah dengan makanan modern yang lebih unggul dalam berbagai hal. Malah tidak sedikit jenis makanan daerah yang makin terpuruk akibat pencitraan yang buruk sehingga masyarakat banyak yang menjauhi karena dianggap sebagai makanan kelas dua. Baca juga Peluang Transaksi Bisnis Online.

Salah satu contoh menarik adalah galendo, makanan tradisional khas masyarakat Jawa Barat yang biasanya dibuat dage. Galendo merupakan hasil sampingan dari pembuatan minyak kelapa.

Namun berbeda dengan minyak kelapa, harga jual galendo sangat murah. Bahkan masyarakat jarang yang membeli galendo karena pemanfaatannya terbatas, apalagi galendo tidak tahan lama dan cepat tengik karena kandungan minyaknya tinggi.

Namun kalau kita kreatif, kita dapat membuat galendo yang unik, seperti dibuat dengan campuran berbagai rasa lainnya, seperti coklat, strawberry, dan sebagainya. Begitujuga bentuknya dapat diubah lebih modis dan menarik, tak lagi dalam bentuk lempengan besar seperti galendo tradisional yang ada selama ini.

Dengan inovasi semacam ini bukan mustahil, galedo maupun makanan daerah lainnya akan lebih menarik dan diburu para wisatawan yang mencari makanan oleh-oleh. Dan ini tentunya merupakan peluang usaha makanan daerah yang sangat prospektif sebagai peluang bisnis rumahan 2014.